Jurnal Literasiologi
Vol 13 No 3 (2025): Jurnal Literasiologi

Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pijar dalam Monitoring Kegiatan Asesmen Mata Pelajaran PAI

Wiranata, Erik (Unknown)
Harahap, Emmi Kholilah (Unknown)
Mirzon, Mirzon (Unknown)
Hamengkubuwono, Hamengkubuwono (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama, mengetahui Penggunaan Aplikasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI. Kedua, mengetahui Monitoring Kegiatan Asesmen Mata Pelajaran PAI. Ketiga, mengetahui Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pijar dalam Monitoring Kegiatan Asesmen Mata Pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek yaitu guru PAI, siswa-siswi, operator dan wakil kurikulum. Lokasi penelitian di SMAN 2 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mulai reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, aplikasi Pijar memberikan kontribusi positif dalam pelaksanaan asesmen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Aplikasi ini mempermudah guru dalam merancang, membagikan, dan mengevaluasi asesmen secara lebih efisien dan sistematis. Jenis asesmen yang dapat dilakukan melalui aplikasi Pijar sangat beragam, mencakup pilihan ganda, isian singkat, uraian, hingga tugas berbasis proyek. Kedua, monitoring asesmen pada mata pelajaran PAI memiliki peran penting dalam menjamin kualitas proses dan hasil pembelajaran. Tujuan utama monitoring asesmen adalah untuk memastikan bahwa proses penilaian dilakukan secara objektif, terstruktur, dan sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan. Monitoring juga menjadi alat kontrol bagi guru dan sekolah untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran serta ketercapaian hasil belajar siswa. Melalui proses monitoring yang baik, guru dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan siswa secara lebih cepat, sehingga dapat melakukan tindak lanjut yang tepat seperti remedi atau pengayaan. Ketiga, aplikasi Pijar sangat efektif dalam membantu proses monitoring kegiatan asesmen pada mata pelajaran PAI. Aplikasi ini memudahkan guru dalam memantau pelaksanaan dan hasil asesmen secara real-time. Aplikasi Pijar mendukung transparansi, akuntabilitas, dan pelaporan yang lebih terstruktur. Walaupun terdapat beberapa kendala seperti koneksi internet dan adaptasi awal penggunaan aplikasi, namun secara umum, manfaat dan efektivitas Pijar jauh lebih dominan. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi Pijar sangat layak untuk terus dikembangkan dan dioptimalkan dalam menunjang asesmen dan pembelajaran PAI di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...