Wacana Akademika : Majalah Ilmiah Kependidikan
Vol 1 No 1 (2017)

Efektivitas Pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta

Nur Romdlon Maslahul Adi (Unknown)
Esti Harini (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Think-Talk-Write dan instruksi langsung. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII terdiri dari 6 kelas di SMP N 9 Yogyakarta 2014-2015. Sampel dari penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas kelas eksperimen VIIIF dan VIIIE sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi t-test. Hasil penelitian ini adalah: 1) matematika hasil eksperimen kelas belajar dalam kategori tinggi (x Ì… = 85,59), (2) matematika hasil kelas kontrol belajar dalam kategori tinggi (x Ì… = 81,61), (3) hasil penghitungan menunjukkan bahwa tobs = 4309> ttabel = 2,035. Sehingga penggunaan jenis pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW) model memiliki lebih efektif untuk matematika hasil belajar, dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional dengan matematika hasil belajar.

Copyrights © 2017