Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 8 No. 1 (2025): May

Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa

Dishinta, Devi Diafani (Unknown)
Iswan (Unknown)
Hadi, Muhamad Sofian (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka belajar dilakukan bertahap sehingga guru diberikan waktu untuk dapat mengelolah materi ajar pada bidang studi yang diampuh. Namun masih banyak guru yang kesulitan dalam mengintegrasikan media digital dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh implementasi kurikulum merdeka melalui media Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 66 siswa sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini akan menggunakan teknik probability sampling. Adapun penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel akhir adalah 66 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu penerapan kurikulum mandiri menggunakan aplikasi AR baik untuk digunakan pada siswa Kelas III. Selain itu, Penerapan Kurikulum Merdeka dan Penerapan Augmented Reality berpengaruh pada hasil pembelajaran dalam mata pelajaran. Penerapan Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh sebesar 22,7% dan Aplikasi Augmented Reality memiliki pengaruh sebesar 49%. Artinya, penerapan Kurikulum Merdeka akan berdampak pada hasil belajar siswa jika digunakan dengan media dan alat pembelajaran yang mendukung dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Disimpulkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dengan AR dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...