Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 8 No. 1 (2025): May

Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Kepemimpinan & Nasionalisme: Jembatan Menuju Penguatan Profil Karakter Pelajar Pancasila

Andri Saputra (Unknown)
Leo Agung S (Unknown)
Akhmad Arif Musadad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Profil pelajar pancasila tidak dapat terwujud secara instan, akan tetapi membutuhkan proses dan pembiasaan diri dalam peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan saat ini untuk mewujudkan hal tersebut dengan cara meneladani tokoh sejarah yang berpengaruh yang dapat dijadikan sebagai tokoh role model. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemikiran K.H Ahmad Dahlan tentang kepemimpinan dan Nasionalisme dalam penguatan profil karakter pelajar pancasila di SMA. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model interaktif yang dikemukakan oleh Saldana. Objek penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Aktivitas dalam analisis data yaitu: Data condensation, data display, dan conclusion drawing/verifications. Hasil penelitian ini menunjukan tentang pemikiran K.H. Ahmad Dahlan kepemimpinan dan nasionalisme serta terdapat enam nilai karakter yang relevan dengan profil pelajar pancasila. Keenam nilai tersebut tercermin dalam gagasan maupun tindakan yang dilakukan oleh K.H. Ahmad Dahlan yang diadopsi dan diimplementasikan dalam kurikulum pembelajaran di SMA dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari diluar sekolah dan di dalam sekolah.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...