Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 2 (2025): April - Juni 2025

Strategi Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran IPAS di MI Miftahul Ulum Serpong Utara

Amanda, Nesya (Unknown)
Dewi, Ratna Sari (Unknown)
Syachruroji, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak peserta didik yang memiliki keterampilan komunikasi rendah akibat pembelajaran yang kurang efektif, rendahnya kepercayaan diri, dan minimnya kesempatan berkomunikasi aktif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPAS dengan fokus pada beberapa tipe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan guru dalam pembelajaran kooperatif dilakukan secara terstruktur dengan menyusun tujuan pembelajaran berdasarkan ATP dan Platform Merdeka Mengajar, memilih materi sesuai tingkat kesulitan, menentukan media/sumber belajar, menyusun asesmen secara individu maupun kelompok, serta membuat modul ajar pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan platform BuGuruRia dan media sosial, 2) strategi pelaksanaan pembelajaran kooperatif diterapkan melalui lima tipe pembelajaran kooperatif, yaitu Group Investigation (GI), Co-op Co-op, Student Teams Achievement Division (STAD), Team Game Tournament (TGT), dan Jigsaw, yang meliputi langkah-langkah penyampaian tujuan pembelajaran, pembentukan kelompok heterogen, pemberian tugas kelompok, membimbing diskusi dan presentasi, memfasilitasi tanya-jawab antar kelompok, serta pemberian penghargaan individu dan kelompok, 3) keterampilan komunikasi lisan dan tulisan peserta didik meningkat secara positif melalui diskusi, presentasi, dan kerja tim dalam pembelajaran kooperatif. Peserta didik mampu menyampaikan pendapat, bertanya, menjawab, dan menyajikan informasi dengan logis dan jelas, mampu menggunakan grafik/tabel dan menyampaikan laporan secara sistematis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...