Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media vlog sebagai sarana pembelajaran materi kebersihan lingkungan rumah bagi peserta didik Fase C (kelas V dan VI Sekolah Dasar). Fokus penelitian berada pada tahap analisis kebutuhan sebagai langkah awal dalam pengembangan modul proyek. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui kondisi media pembelajaran yang tersedia serta mengevaluasi keterbatasannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Borg and Gall pada tahap awal. Subjek penelitian terdiri dari 3 guru dari SDN 56 Banda Aceh, 30 siswa kelas V, 1 ahli media, dan 1 guru ahli materi kebersihan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk menggambarkan kebutuhan dan persepsi pengguna terhadap media pembelajaran yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa media yang digunakan saat ini masih bersifat konvensional, kurang menarik, dan belum memanfaatkan potensi media digital secara optimal. Sebagian besar responden menyatakan bahwa media vlog berbasis video lebih sesuai dengan karakteristik peserta didik digital native. Oleh karena itu, pengembangan media vlog dipandang penting untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan rumah. Temuan ini menjadi dasar untuk merancang media pembelajaran yang inovatif, relevan, dan kontekstual bagi pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025