Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 2 (2025): April - Juni 2025

Pengembangan Model Pembelajaran SAVI Berbasis Budaya Melayu Langkat untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Kepedulian Sosial Siswa

Akbar, Wawan (Unknown)
Rambe, Andina Halimsyah (Unknown)
Parapat, Humaidah Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya penanaman rasa cinta tanah air dan kepedulian sosial untuk meningkatkan karakter di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbasis lokal, khususnya budaya Melayu Langkat. Penelitian menggunakan metodologi pengembangan (Research and Development/R&D). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan 4D yang memiliki 4 tahapan, yaitu: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Dessiminate (penyebaran).. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Langkat. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa model yang dikembangkan tergolong sangat valid dan layak digunakan. Uji kepraktisan oleh guru juga menunjukkan bahwa model ini mudah diterapkan dalam pembelajaran tematik. Implementasi model dengan integrase unsur budaya Melayu Langkat menunjukkan antusiasme tinggi siswa baik secara fisik, emosional dan intelektual, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap nilai-nilai budaya. Model ini terbukti menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sosialnya melalui pembelajaran kontekstual dan bermakna. Dengan demikian, model pembelajaran SAVI berbasis budaya Melayu Langkat efektif diterapkan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat membentuk karakter siswa sejak usia dini melalui integrasi antara kearifan lokal dan pendekatan gaya belajar yang aktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...