Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 2 (2025): April - Juni 2025

Implementasi Program Pengembangan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Membentuk Karakter Disiplin Positif Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun

Zuliana, Zuliana (Unknown)
Sumanto, Reni Pawestuti Ambari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Urgensi penelitian ini yaitu adanya fenomena keterlambatan berulang pada beberapa anak di TK Pertiwi 45 Kalisegoro. Penelitian ini bertujuan 1. menggambarkan implementasi program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat 2. Menganalisis kebiasaan yang muncul pasca program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat 3. Faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter disiplin positif pada anak usia dini. Pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, berfokus  pengalaman subjektif informan, yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan tiga orang tua. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data  meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat berjalan efektif, terintegrasi dalam operasional sekolah, dan berhasil menumbuhkan prubahan positif pada anak sesuai konsep disiplin positif Thomas Lickona. Sinergi orang tua menjadi faktor pendukung utama. Namun, inkonsistensi kebiasaan di rumah, terutama terkait bangun pagi dan persiapan sekolah, menjadi penghambat signifikan dalam mengatasi masalah keterlambatan. keberhasilan maksimal program ini membutuhkan dukungan konsisten dari seluruh pihak, khususnya keluarga, agar dampak positifnya terasa menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...