Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Vol. 4 No. 2 (2025): Juli

Interaksi Sosial Sehari-Hari Peserta Didik Kelas 5 Dalam Membangun Perkembangan Sosial di Sekolah Dasar Negeri 1 Kedungdawa

Nurkholis (Unknown)
Amalia Prihasti (Unknown)
Resti Handayani (Unknown)
Sekar Nindi Cantika (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Perkembangan sosial merupakan aspek penting dalam pembentukan keterampilan sosial peserta didik di lingkungan kelas. Namun, masih terdapat peserta didik yang mengalami hambatan dalam menjalin interaksi sosial dan beradaptasi dengan teman sekelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial mendukung perkembangan sosial peserta didik di dalam kelas 5 di SD Negeri 1 Kedungdawa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas 5 dan wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki kemampuan berinteraksi dengan baik, mampu bekerja sama dalam kelompok, serta menunjukkan sikap empati dan toleransi di lingkungan kelas. Interaksi sosial yang terbagun dengan baik menjadi bagian penting dalam mendukung perkembangan sosial mereka di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, ...