Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 3 (2025)

PENGARUH PRBOLEM BASED LEARNING BERBASIS 4C TERHADAP KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Hardono, Fajar Puji (Unknown)
Yamtinah, Sri (Unknown)
Rintayati, Peduk (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran inovatif Problem Based Learning (PBL) berbasis 4C terhadap keterampilan mengomunikasikan ditinjau dari minat belajar peserta didik sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan metode analisisnya menggunakan varians dua jalur (ANOVA dua jalan). Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas V di Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/ 2025. Penentuan sekolah yang dijadikan penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang menjadi alat untuk memperoleh data terdiri dari lembar kerja tes keterampilan mengomunikasikan dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model PBL berbasis 4C terhadap keterampilan mengomunikasikan peserta didik kelas V di Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/ 2025. Selain itu, minat belajar juga berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan mengomunikasikan pada peserta didik. Lebih dalam lagi, ternyata ada interaksi antara model pembelajaran PBL berbasis 4C dan minat belajar terhadap keterampilan mengomunikasikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...