Kecerdasan interpersonal dan tingkat kepercayaan diri yang bervariasi di antara setiap peserta didik memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas X di SMA/MA sederajat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yang dilaksanakan di SMAN 15 Pekanbaru dengan melibatkan 159 peserta didik sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, serta hasil belajar kimia. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dengan pengaruhnya mencapai 58,1%, sementara 41,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Diharapkan, penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi kimia.
Copyrights © 2025