Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 3 (2025)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

Malisan, Rinilva (Unknown)
Efwinda, Shelly (Unknown)
Syam, Muliati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Masalah global seperti perubahan iklim menuntut setiap generasi untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan permasalahan yang ada. Pendidikan dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berpotensi sebagai alternatif pembelajaran yang untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMPN 2 Tenggarong pada materi perubahan iklim. Penelitian ini menerapkan pre experimental design dengan one group pretest design. Sampel penelitian yaitu 30 siswa kelas VII A. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan 10 soal essay kemampuan berpikir kreatif. Adapun indikator soal terdiri dari fluency, fleksibility, originality, dan elaboration. Teknik analisis data menggunakan Uji N-Gain dan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kreatif pada materi perubahan iklim dengan N-Gain sebesar 0,6 dala kategori sedang. Hasil Uji Wilcoxon juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada keterampilan berpikir siswa sebelum dan sesudah diterapkan model PBL. Temuan empiris penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII A SMPN 2 Tenggarong. Berdasakan hasil ini, penerapan PBL dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...