Pemahaman konsep penting dimiliki siswa untuk menghubungkan setiap konsep agar mampu menyelesaikan permasalahan yang terdapat di dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep IPA rendah di jenjang sekolah dasar karena tidak diimbangi dengan media pembelajaran yang mendukung, khususnya pada materi rotasi bumi. Rotasi bumi merupakan materi yang asbtrak dan sulit dihadirkan di kelas sehingga guru perlu melaksanakan pembelajaran dan menggunakan media yang membantu untuk menyampaikan pesan yang abstrak menjadi konkret. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran kontekstual berbantuan media video pembelajaran, serta perbedaan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran kontekstual berbantuan video pembelajaran dengan pembelajaran langsung (direct instruction). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan kelompok non-equivalent control group design. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran kontekstual berbantuan media video pembelajaran di kelas eksperimen meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VI pada materi rotasi bumi.
Copyrights © 2025