Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan konsep ecopreneurship pada mata kuliah kewirausahaan terhadap kemampuan kreativitas mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan desain one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Pendidikan IPA ULM, dengan sampel penelitian berjumlah 33 orang mahasiswa Pendidikan IPA angkatan 2022 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Model pembelajaran berbasis proyek digunakan sebagai pendekatan untuk mengintegrasikan konsep ecopreneurship kedalam pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini menghasilkan peningkatan yang signifikan pada indikator kelancaran, keluwesan, keaslian, penguraian, dan kepekaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep ecopreneurship meningkatkan kreativitas mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan konsep ecopreneurship secara signifikan, dengan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan penerapan konsep ecopreneurship berpengaruh positif terhadap kemampuan kreativitas mahasiswa dengan nilai sig (2-tailed) korelasinya sebesar 0,048.
Copyrights © 2025