Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 5, No 1 (2025): Juli

Pengaruh Media Monopoli Terhadap Respon Dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas 3 SD

Ismawati, Ninik (Unknown)
Susilo, Tri Achmad Budi (Unknown)
Rahmawati, Ery (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini guna mengevaluasi pengaruh media monopoli terhadap hasil belajar dan respon siswa dalam Pendidikan Pancasila kelas 3 sekolah dasar. Menggunakan desain quasi-eksperimental dengan engan dua kelompok (eksperimen dan kontrol) dari 56 siswa yakni: kelas eksperimen 3A dan kelas kontrol 3B. Alat ukur pada studi ini mencakup pretest–posttest dan angket persepsi siswa. Temuan dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa kelas eksperimen memiliki hasil belajar lebih tinggi (86%) dibanding kelas kontrol (68,9%). Pengaruh media monopoli telah dibuktikan melalui banyak percobaan. Uji validitas menghasilkan koefisien sebesar 0,807>0,6 sedangkan uji normalitas menunjukkan nilai p-value lebih dari 0,05 (0,144 > 0,05), yang mengarah pada H0 diterima dengan demikian, data terdistribusi normal. Uji homogenitas menghasilkan nilai-p signifikan sebesar (0,650>0,05) dapat disimpulkan bahwa data terdistribusi secara homogen. Uji Mann Whitney menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 berada di bawah ambang signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H₀) ditolak. Dari temuan tersebut, dapat dinyatakan bahwa penggunaan perlakuan dalam kelas eksperimen berdampak pada perbedaan hasil belajar dibandingkan dengan kelas kontrol. Respon siswa pada media monopoli mendapat skor 92%, yang berarti sangat baik. Berdasarkan hasil diatas menunjukkan bahwa media monopoli dapat berpengaruh terhadap hasil belajar dan respon siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 3 Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...