Pendahuluan: Persepsi pasien berperan penting dalam menilai suatu mutu pelayanan kesehatan karena berdasarkan persepsi yang baik dari pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan yang diterimanya. Tujuan penelitian adalah yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana pengaruh persepsi mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Undata Palu. Metode: Pengukuran kepuasan pasien rawat inap merupakan proses yang kompleks dan memerlukan pendekatan yang terstruktur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan cross sectional study melalui proses menggali, menganalisis dan menjelaskan bagaimana pengaruh persepsi mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Undata Palu. Sampel penelitian adalah sejulah 160 pasien rawat inap pada RSUD Undata Palu. Dengan Data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji regresi linear berganda Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dari 5 aspek yang menjadi acuan mutu pelayanan tidak semuanya berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan pasien rawat inap opada RSUD Undata Palu. Provinsi Sulawesi Tengah. Aspek yang berpengaruh secara signifikan adalah pada aspek Jaminan dengan hasil uji regresi sebesar .963 lebih besar dari 0,05. Oleh kare itu, hipotesis penelitian ini ditolak secara keseluruahan dan diterima secara parsial. Kesimpulan: Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit RSUD UNDATA Palu diperoleh berdasarkan hasil uji statistik yang dilakukan menggunakan uji chi square diperoleh p value sebesar 0,000 < ? = 0,05 Aspek yang berpengaruh secara signifikan adalah pada aspek Jaminan dengan demikian menunjukkan bahwa Hipotesis diterima secara parsial yang berarti ada hubungan persepsi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien. KATA KUNCI: Persepsi, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025