Jurnal Kolaboratif Sains
Vol. 8 No. 7: Juli 2025 - In Progress

Pengaruh Persepsi Tentang Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu: The Influence of Perceptions of Service Quality on Inpatient Satisfaction at the Undata Palu Regional General Hospital

Titin Setiyawati (Unknown)
Herlina Yusuf (Unknown)
Indra Afrianto (Unknown)
Munir Salham (Unknown)
Muhammad Syukran (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Pendahuluan: Persepsi pasien berperan penting dalam menilai suatu mutu pelayanan kesehatan karena berdasarkan persepsi yang baik dari pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan yang diterimanya. Tujuan penelitian adalah yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana pengaruh persepsi mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Undata Palu. Metode: Pengukuran kepuasan pasien rawat inap merupakan proses yang kompleks dan memerlukan pendekatan yang terstruktur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan cross sectional study melalui proses menggali, menganalisis dan menjelaskan bagaimana pengaruh persepsi mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Undata Palu. Sampel penelitian adalah sejulah 160 pasien rawat inap pada RSUD Undata Palu. Dengan Data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji regresi linear berganda Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dari 5 aspek yang menjadi acuan mutu pelayanan tidak semuanya berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan pasien rawat inap opada RSUD Undata Palu. Provinsi Sulawesi Tengah. Aspek yang berpengaruh secara signifikan adalah pada aspek Jaminan dengan hasil uji regresi sebesar .963 lebih besar dari 0,05. Oleh kare itu, hipotesis penelitian ini ditolak secara keseluruahan dan diterima secara parsial. Kesimpulan: Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit RSUD UNDATA Palu diperoleh berdasarkan hasil uji statistik yang dilakukan menggunakan uji chi square diperoleh p value sebesar 0,000 < ? = 0,05 Aspek yang berpengaruh secara signifikan adalah pada aspek Jaminan dengan demikian menunjukkan bahwa Hipotesis diterima secara parsial yang berarti ada hubungan persepsi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien. KATA KUNCI: Persepsi, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JKS

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Kolaboratif Sains merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dalam bentuk Hasil Penelitian, Laporan Penelitian, Literatur Review. Semua manuskrip yang dikirimkan adalah peer review oleh para ahli di bidang yang relevan. Tujuan dan ...