Jurnal Keperawatan Profesional
Vol 13, No 1 (2025): Determinants of Health

Peningkatan Persepsi Positif Pasien Bipolar Affective Disorder Current Episode Depressive dengan Harga Diri Rendah Kronis: Case Report

Khoirunnisa, Fadila (Unknown)
Sutini, Titin (Unknown)
Maulana, Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Harga diri rendah kronis merupakan salah satu gangguan jiwa yang ditandai dengan penilaian negatif terhadap diri sendiri dan adanya perasaan tidak berharga sehingga berdampak terhadap kesulitan membangun hubungan sosial dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan asuhan keperawatan berfokus pada peningkatan persepsi positif pasien Bipolar Affective Disorder yang mengalami masalah keperawatan utama harga diri rendah kronis menggunakan metode case report. Implementasi yang diberikan meliputi membina hubungan saling percaya dengan menggunakan teknik komunikasi terapeutik, mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki pasien, membantu pasien menilai aspek positif yang dapat dilatih, serta membantu pasien dalam membuat jadwal latihan dan harian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah pasien mendapatkan asuhan keperawatan, terdapat perbaikan kemampuan pasien dalam menilai diri secara positif, membangun hubungan sosial dengan orang lain, serta meningkatkan produktivitas kegiatan sehari-hari hingga pasien dinyatakan boleh pulang oleh dokter. Meskipun intervensi tidak sepenuhnya selesai karena pasien dipulangkan lebih awal, dukungan berkelanjutan dari keluarga memegang peranan penting dalam proses pemulihan. Asuhan keperawatan yang diberikan terbukti efektif dalam membantu pasien meningkatkan persepsi positif dalam mengatasi harga diri rendah kronis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health

Description

Jurnal Keperawatan Profesional is a peer-reviewed journal to discuss and spread original and critical analysis on various contemporary health issues. The journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, clinical practitioners, and researchers. This journal encompasses ...