BISECER (Business Economic Entrepreneurship)
Vol 8, No 2 (2025): Juli 2025

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GOJEK DI KOTA UNGARAN

Ayu, Pitaloka Dharma (Unknown)
Khotimah, Yunita Khusnul (Unknown)
Suryatama, Fajar (Unknown)
Nurmiyati, Nurmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Persaingan antara aplikator transportasi online semakin ketat, mereka saling adu strategi untuk merebut konsumen pengguna jasa tersebut. Berbagai cara dilakukan untuk membuat konsumen merasa puas atas produk-produk aplikator,  diantaranya adalah layanan pelanggan dan harga dimana didalam penelitian ini mencoba mencari tahu sejauh mana kualitas layanan dan harga berkontribusi terhadap tingkat kepuasan konsumen agar mereka melakukan pembelian ulang dan loyal. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu apakah dengan strategi kualitas layanan dan harga akan memberi pengaruh besar pada kepuasan konsumen. Metode penelitian kuantitatif, uji validitas,  reliabilitas,  regresi linier berganda, uji determinasi dan uji t. Pengolahan data dengan SPSS 25. Berdasarkan tabel uji t diatas dapat diketahui hasil uji t variabel kualitas layanan (X1) terhadap Kepuasan konsumen (Y) adalah sebesar 2,661(lebih besar dari t tabel sebesar 1,985) dan nilai signifikansi sebesar 0,009 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Hasil uji t untuk variabel harga (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) adalah sebesar 4,619 dan memiliki nilai lebih besar dari t tabel sebesar 1,985. Nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan variabel harga  berpengaruh  signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Nilai F hitung sebesar 23,436 dan lebih besar dari nilai F tabel sebesar 3,09. Hal ini menunjukkan  bahwa variabel kualitas layanan  dan harga secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biceser

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

BISECER (Business Economic Entrepreneurship) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS) Ungaran, Kabupaten Semarang. Jurnal ini mempublikasikan dua kali dalam satu tahun, setiap bulan Januari dan Juli. Jurnal ini dimaksudkan untuk ...