Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol 10 No 4 (2025)

Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif pada Generasi Z

Seva Fadillah (Unknown)
Romi Adetio Setiawan (Unknown)
Syaifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup dan media sosial terhadap perilaku konsumtif pada Generasi Z di Kecamatan Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan. Perilaku konsumtif yang ditunjukkan oleh Generasi Z sering kali tidak berdasarkan kebutuhan riil, tetapi lebih pada dorongan gaya hidup dan pengaruh media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 99 responden yang ditentukan dengan rumus Slovin. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif (t-hitung = 5.210; p < 0.05). Penggunaan media sosial juga berpengaruh signifikan (t-hitung = 2.641; p < 0.05). Analisis simultan (uji F) menunjukkan bahwa gaya hidup dan media sosial secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif (F-hitung = 68.004; p < 0.05), dengan R² sebesar 0.586 (58.6%). Ini berarti 58.6% variasi perilaku konsumtif dapat dijelaskan oleh variabel gaya hidup dan media sosial

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Mas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (e-ISSN: 2580-5800; p-ISSN: 2527-6344) is a journal that is managed by the Islamic Banking Study Program, Muhammadiyah University of Surabaya and in collaboration with professional organizations, namely Ikatan Ahli Ekonomi Islam. This ...