Perubahan sistem pendidikan akibat pandemi COVID-19 telah mendorong lembaga pendidikan untuk beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat utama dalam proses belajar mengajar. Metode ini dilakukan melalui studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai artikel jurnal nasional maupun internasional yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir (2020–2025). Analisis difokuskan pada tren, efektivitas, dan tantangan dalam implementasi media pembelajaran tersebut dalam konteks pendidikan modern. Temuan kajian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi seperti Learning Management System (LMS), video pembelajaran, aplikasi interaktif, dan media sosial memainkan peran penting dalam meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran jarak jauh. Namun, efektivitas media ini sangat bergantung pada kesiapan guru, ketersediaan infrastruktur, serta kemampuan literasi digital peserta didik. Kajian ini merekomendasikan pengembangan program pelatihan teknologi bagi pendidik serta perancangan media yang lebih adaptif terhadap kebutuhan peserta didik. Temuan dari kajian pustaka ini diharapkan tidak hanya menjadi landasan teoritis, tetapi juga sebagai acuan praktis bagi para pembuat kebijakan, pendidik, dan pengembang kurikulum dalam merancang strategi pembelajaran berbasis teknologi yang lebih adaptif dan berkelanjutan. Dengan memahami tren, tantangan, dan potensi berbagai media pembelajaran dalam konteks PJJ, para pemangku kepentingan dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang responsif terhadap kemajuan teknologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025