JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pemanfaatan Virtual Reality dalam Mengenalkan Sejarah dan Arsitektur Makam Marhum Pekan dalam Pembelajaran di Sekolah

Suroyo, Suroyo (Unknown)
Negara, Chandra Perwira (Unknown)
Putri, Oktarisa Azzahra (Unknown)
Amellia, Nesty (Unknown)
Susanti, Nayla (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) dalam mengenalkan sejarah dan arsitektur Makam Marhum Pekan dalam pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi literatur. Di era digital, teknologi Virtual Reality menjadi salah satu media inovatif yang dapat memberikan pengalaman belajar imersif kepada siswa. Melalui kunjungan virtual, siswa dapat melihat langsung tampilan visual situs sejarah tanpa harus berada di lokasi, sehingga meningkatkan pemahaman mereka terhadap sejarah lokal. Makam Marhum Pekan sebagai objek kajian merupakan situs sejarah penting yang memiliki nilai budaya dan arsitektur tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Virtual Reality dalam pembelajaran sejarah di sekolah serta untuk mengatasi keterbatasan akses terhadap situs sejarah secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Virtual Reality dapat menjadi solusi efektif dan efisien dalam memperkenalkan warisan budaya kepada generasi muda melalui pembelajaran berbasis teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...