Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis kajian humaniora sebagai bahan ajar dalam pembelajaran drama untuk kelas XI SMA. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi drama yang disebabkan oleh penggunaan bahan ajar konvensional yang monoton dan tidak kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi lima tahap: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul dinilai layak oleh ahli materi (77%), ahli media (94%), dan guru (82%). Modul ini berhasil mengintegrasikan nilai-nilai humaniora seperti cinta kasih, penderitaan, tanggung jawab, dan harapan. E-modul dinilai mampu menjadi bahan ajar alternatif yang inovatif dan mendukung pembelajaran karakter serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks drama.
Copyrights © 2025