JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan E-Modul Bermuatan Kajian Humaniora dalam Pembelajaran Drama Kelas XI SMA

Muliana, Dina (Unknown)
Rosmawaty, Rosmawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis kajian humaniora sebagai bahan ajar dalam pembelajaran drama untuk kelas XI SMA. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi drama yang disebabkan oleh penggunaan bahan ajar konvensional yang monoton dan tidak kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi lima tahap: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul dinilai layak oleh ahli materi (77%), ahli media (94%), dan guru (82%). Modul ini berhasil mengintegrasikan nilai-nilai humaniora seperti cinta kasih, penderitaan, tanggung jawab, dan harapan. E-modul dinilai mampu menjadi bahan ajar alternatif yang inovatif dan mendukung pembelajaran karakter serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks drama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...