JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Kemampuan Menghafal Do’a – Do’a Harian Siswa di TKIT Mutiara Rahmah Balikpapan

Dewi, Fitri Sari (Unknown)
Yusuf, Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap kemampuan menghafal do’a-do’a harian pada siswa TKIT Mutiara Rahmah Balikpapan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada wali murid TK A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua tergolong baik dengan kontribusi terhadap pembentukan karakter religius anak, sedangkan kemampuan menghafal do’a harian siswa juga berada pada kategori baik. Meskipun analisis regresi menghasilkan nilai R Square sebesar 16,1%, hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik antara peran orang tua terhadap kemampuan menghafal do’a-do’a harian (t hitung < t tabel). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterlibatan orang tua berkontribusi secara deskriptif, namun belum memberikan pengaruh yang signifikan secara statistik dalam kemampuan anak menghafal do’a-do’a harian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...