Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap kemampuan menghafal do’a-do’a harian pada siswa TKIT Mutiara Rahmah Balikpapan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada wali murid TK A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua tergolong baik dengan kontribusi terhadap pembentukan karakter religius anak, sedangkan kemampuan menghafal do’a harian siswa juga berada pada kategori baik. Meskipun analisis regresi menghasilkan nilai R Square sebesar 16,1%, hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik antara peran orang tua terhadap kemampuan menghafal do’a-do’a harian (t hitung < t tabel). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterlibatan orang tua berkontribusi secara deskriptif, namun belum memberikan pengaruh yang signifikan secara statistik dalam kemampuan anak menghafal do’a-do’a harian.
Copyrights © 2025