Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
Vol 8 No 2 (2025): Agustus

PERAN SMP Mummadiyah Bantul Yogyakarta (MUHIBA) DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG PROGRESIF DAN MODERAT

Mu'minin, Nashrul (Unknown)
Zulfikar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran SMP Muhammadiyah Bantul Yogyakarta (MUHIBA) dalam mewujudkan pendidikan Agama Islam yang progresif dan moderat di kalangan peserta didik. Pendidikan Agama Islam yang dimaksud mengedepankan nilai-nilai keislaman yang toleran, inklusif, serta mampu menjawab tantangan zaman tanpa kehilangan esensi ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 500 responden yang terdiri dari siswa kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan wawancara terstruktur dengan guru PAI dan kepala sekolah. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan statistik persentase dan tabulasi silang. Hasil analisis menunjukkan bahwa 78% siswa merasakan penguatan nilai-nilai Islam moderat melalui kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler keagamaan di MUHIBA. Selain itu, evaluasi menunjukkan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran sangat berpengaruh dalam membentuk karakter religius yang terbuka dan toleran. Kesimpulannya, SMP MUHIBA berhasil mengimplementasikan pendidikan Agama Islam yang progresif dan moderat melalui sinergi kurikulum, keteladanan guru, dan lingkungan sekolah yang kondusif. Temuan ini memberikan kontribusi positif bagi pengembangan model pendidikan Islam di tingkat menengah pertama. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, moderat, progresif, SMP Muhammadiyah Bantul

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

staika

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Staika, Jurnal Penelitian dan Pendidikan with ISSN 2798-1266 is the journal of the Muhammadiyah Paciran Islamic Higher Education, published periodically every year as a scholarly academic platform for the study of Islamic education. The editorial board invites experts and academics to ...