Jurnal Bahasa Jepang Taiyou
Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Taiyou

KORELASI INTENSITAS MENDENGARKAN LAGU JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR CHOUKAI PADA MAHASISWA SEMESTER 4 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UHAMKA

Choerunisa, Ghaida (Unknown)
Utari, Retno (Unknown)
Karnawati, Rita Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi intensitas mendengarkan lagu Jepang terhadap hasil belajar Choukai. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA tahun ajaran 2016-2017 yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pearson Product Moment Correlation. Hasil penjumlahan angket dari setiap responden dan diperoleh hasil rata-rata 84,2 (Y). Hasil penjumlahan nilai hasil belajar Choukai setiap mahasiswa dari semester 1-3 dan diperoleh hasil rata-rata 1968,1 (X). Setelah mendapatkan nilai X dan Y maka dilakukan perhitungan dengan menggunakan Pearson Product Moment Correlation yang mendapatkan hasil 0,1326 yang berarti sangat rendah. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa korelasi intensitas mendengarkan lagu Jepang terhadap hasil belajar Choukai pada mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA sangat rendah. Dikarenakan responden yang memiliki nilai hasil angket yang tinggi tetapi tidak memiliki nilai hasil belajar Choukai yang tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

taiyou

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Bahasa Jepang Taiyou will publish a selected paper under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). The publication policies of the Journal meet the normal requirements for Open Access. which means that all content is freely available at no cost with the use of his / ...