Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetaui bagaimana Evaluasi Good Governance terhadap Efektivitas Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Daerah. Metode penelitian ini adalah Bentuk penelitian ini adalah deskriptif, analitis, dan kritis. Oleh karena itu, penulis dapat menjelaskan secara komprehensif bagaimana Evaluasi Good Governance terhadap Efektivitas Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Daerah. Dalam penelitian ini, penulis secara optimal menggunakan dua sumber data yang terkait dengan penelitian ini, yaitu. Sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini adalah Penerapan good governance di lingkungan pemerintah daerah rata‑rata berada pada kategori “baik”, terutama untuk transparansi, responsivitas, dan efisiensi. Partisipasi masyarakat teridentifikasi sebagai aspek yang paling lemah. Analisis korelasi dan regresi menegaskan bahwa transparansi, efisiensi, dan responsivitas merupakan prediktor paling penting dalam meningkatkan efektivitas pelayanan publik. Akuntabilitas berkontribusi positif, sedangkan partisipasi memerlukan upaya peningkatan agar pengaruhnya menjadi signifikan.
Copyrights © 2025