Educational Journal of Bhayangkara (EDUKARYA)
Vol. 5 No. 1 (2025): Juli 2025

INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNOLOGI INTERAKTIF WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Shobirin, Syahril (Unknown)
Septiany Rahayu, Fanny (Unknown)
Ajibi, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa di sekolah dasar sering menjadi kendala dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Wordwall menyediakan aktivitas menarik, seperti kuis, permainan, dan latihan soal, yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas tinggi di SDN 1 Arjawinangun. Data diperoleh melalui observasi untuk mencatat keterlibatan siswa, wawancara untuk memahami pengalaman siswa dan guru, serta dokumentasi berupa foto dan hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wordwall berhasil meningkatkan minat belajar siswa. Aktivitas interaktifmembuat pembelajaran lebih menyenangkan, meningkatkan partisipasi siswa, serta membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Respon siswa sangat positif, mereka merasa belajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Guru juga mencatat Wordwall mempermudah evaluasi dan memberikan umpan balik secara cepat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUKARYA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukarya mempublikasikan artikel dengan Fokus dan Ruang Lingkup pada bidang ilmu yang telah dikaji secara empiris dan teori. Adapun Fokus dan Ruang Lingkup penelitian pada: Inovasi Belajar dan Pembelajaran di SD Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan di SD Kompetensi Pendidik di SD ...