Rendahnya kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar (SD) di Kota Bekasi, khususnya dalam memfasilitasi pembelajaran mendalam (deep learning), menjadi tantangan dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap konsep belajar mendalam dan keterampilan dalam menggunakan media mindmap sebagai alat bantu visual pembelajaran. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berbasis hybrid learning, yang mengombinasikan pelatihan tatap muka dan pendampingan daring melalui WhatsApp Group. Kegiatan melibatkan 22 guru dari berbagai SD di Bekasi Barat dan dilaksanakan melalui tahapan persiapan, pengkajian, perencanaan program, implementasi, hingga evaluasi. Data dikumpulkan melalui tes formatif, penugasan mindmap digital, dan kuesioner evaluasi reaksi peserta.Hasil menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan kompetensi, dengan nilai rata-rata tugas sebesar 83,52 dan tingkat kepuasan program sebesar 4,6 dari skala 5. Seluruh peserta berhasil menyelesaikan penugasan, menunjukkan komitmen dan partisipasi aktif selama kegiatan berlangsung. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan berbasis hybrid efektif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran mendalam berbantuan teknologi. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif di masa depan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025