Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Chatgpt terhadap Produktivitas Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akademik

Suhartawan, Bambang (Unknown)
Anwar, Syamsul (Unknown)
Arisona, Widya Lusi (Unknown)
Supit, Deisye (Unknown)
Musran Munizu, Musran Munizu (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi ChatGPT terhadap produktivitas mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan desk research dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form kepada 70 mahasiswa yang menggunakan ChatGPT. Hasil penelitian ini adalah penggunaan aplikasi ChatGPT secara nyata telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan produktivitas mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik. Aplikasi ChatGPT tidak hanya mempercepat proses pengerjaan tugas, tetapi juga memberikan berbagai manfaat penting yang mendukung keberhasilan studi mahasiswa secara menyeluruh, seperti kemudahan dalam mengakses dan menemukan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan efisien, penyediaan informasi yang relevan serta sesuai dengan kebutuhan akademik, dan bantuan dalam memahami materi-materi kuliah yang kompleks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...