Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran disekolah dasar. Salah satu model yang diyakini mampu meningkatkan kreativitas siswa adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model PJBL dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas V SDN 1 Purwawinangun. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Project Based Learning, dan kelas VA sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Direct Instruction. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest berbentuk uraian, serta lembar penilaian kreativitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 8,84 > 01,68, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,70 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,14 (kategori rendah). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Kreativitas, Model Project Based Learning
Copyrights © 2025