Dalam proses pembelajaran yang diterapkan dimasa sekarang ini, menuntut guru untuk lebih bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan didukung dengan bantuan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran yang ada di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh pop-up pook terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pada Pembelajaran IPA di SD Negeri 121142 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian Pre-Experiment Designs. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 121142 Pematangsiantar, Propinsi Sumatera Utara.Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling jenuh dan sampel yang digunakan adalah kelas V yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda.Berdasarkan hasil penelitian. Dari hasil tes siswa diperoleh thitung sebesar 33,623 dan ttabel sebesar 2,05183. Dengan demikian thitung > ttabel = 33,623 > 2,05183 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa adanya pengaruh Media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa. Kata Kunci: Media; Pop-Up Book; Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025