Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 13 No. 4 (2025): Jurnal Pendidikan Refleksi

Pengaruh Aplikasi Al-Qur’an Digital terhadap Minat Membaca Al-Qur’an pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Palopo

Salihah, Mar’atun (Unknown)
Arifuddin, Arifuddin (Unknown)
Laswi, Aishiya Saputri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh aplikasi Al-Qur’an digital terhadap minat membaca Al-Qur’an pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Palopo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital serta sejauh mana pengaruhnya terhadap minat membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto, yang bertujuan mengungkap hubungan antara variabel tanpa melakukan manipulasi langsung. Populasi penelitian terdiri dari 127 mahasiswa angkatan 2024, dengan sampel sebanyak 56 mahasiswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket, kemudian dianalisis dengan regresi sederhana menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital sebesar 62,5%, sementara pengaruh aplikasi tersebut terhadap minat membaca Al-Qur’an mencapai 43,3%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan teknologi digital memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan minat mahasiswa dalam membaca wahyu ilahi, meskipun tetap diperlukan pendekatan komplementer untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran keagamaan secara menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...