Studi ini bertujuan guna mengidentifikasi dampak motivasi belajar, minat belajar, dan kondisi kelas terhadap hasil belajar siswa kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) pada mata pelajaran Pemrograman Website di SMKN 11 Malang. Pendekatan yang diterapkan pada studi ini yakni kuantitatif, dengan metode survei serta teknik pengumpulan data melalui kuesioner serta dokumentasi nilai. Sampel penelitian berjumlah 95 siswa, yang ditentukan melalui teknik sampel jenuh. Uji korelasi Rank Spearman diterapkan dalam analisis data guna melihat adanya hubungan antara variabel yang diteliti, serta uji Kruskal-Wallis untuk melihat pengaruh secara simultan. Penemuan dari studi ini menegaskan bahwa secara parsial, minat belajar serta motivasi belajar berengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi masing-masing 0,004 dan 0,008 (< 0,05). Sebaliknya, kondisi kelas tidak mmemberikan dampak yang berarti terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,541 (> 0,05). Secara simultan, ketiga variabel tersebut tidak terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil capaian belajar siswa berdasarkan hasil uji Kruskal-Wallis dengan nilai signifikansi sebesar 0,295. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor intrinsik, seperti motivasi juga minat belajar, memiliki peran lebih dominan dibandingkan faktor ekstrinsik seperti kondisi kelas dalam memengaruhi hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025