Wondr by BNI merupakan aplikasi mobile banking generasi terbaru dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang memiliki kapabilitas lebih baik dan dilengkapi teknologi terbaru dengan standar global dan memberikan user experience yang lebih baik dari aplikasi BNI Mobile Banking sebelumnya. Aplikasi Wondr by BNI yang launching pada tanggal 05 Juli 2024 ditargetkan memiliki 11 juta pengguna hingga akhir tahun 2024. Namun, berdasarkan informasi yang diperoleh dari narasumber, pengguna aplikasi Wondr by BNI per Maret 2025 hanya mencapai 7 juta pengguna yang terdiri dari 4,5 juta pengguna yang beralih dari aplikasi BNI Mobile Banking ke aplikasi Wondr by BNI, dan 2,5 juta pengguna merupakan pengguna baru aplikasi Wondr by BNI. Hal ini menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh PT. Bank Negara Indonesia karena jumlah pengguna aplikasi Wondr by BNI yang tidak sesuai target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat dan perilaku pengguna dalam menggunakan aplikasi Wondr by BNI. Penelitian ini dilakukan menggunakan model UTAUT 2. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel ekspektasi kinerja, variabel pengaruh sosial, dan variabel nilai harga adalah faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap niat perilaku untuk menggunakan aplikasi Wondr by BNI. Variabel ekspektasi usaha dan variabel motivasi hedonis adalah faktor yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat perilaku. Variabel kondisi fasilitas, variabel kebiasaan, dan niat perilaku adalah faktor yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengguna aplikasi Wondr by BNI.
Copyrights © 2025