Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Potret Sekolah Ramah Anak sebagai Upaya Mewujudkan Dimensi Kebhinekaan Global di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pucuk

Fathihah, Elisa (Unknown)
Susandi, Ari (Unknown)
MZ., AF Suryaning Ati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Program kebijakan pendidikan yang menempatkan kebutuhan, hak dan perkembangan anak sebagai prioritas utama dalam setiap proses pembelajaran. Kebhinekaan global merupakan suatu rasa toleransi kepada kemajemukan suku ataupun bahasa dan saling menghargai pada perbedaan. Oleh karena itu, pentingnya sekolah ramah anak dalam mewujudkan kemajemukan di tengah keberagaman. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan potret sekolah ramah anak sebagai upaya mewujudkan dimensi kebhinekaan global di kelas V SD Muhammadiyah 1 Pucuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan yaitu model miles Huberman dan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu SD Muhammadiyah Pucuk memiliki kriteria sekolah ramah anak. Hal ini ditunjukkan dari kebijakan sekolah, pelaksanaan pembelajaran yang aman dan menyenangkan serta partisipasi anak yang aktif dan memiliki saran prasarana yang menunjang dengan kriteria sangat terpenuhi. Sedangkan dari segi dimensi kebhinekaan global SD Muhammadiyah 1 Pucuk memiliki kriteria sekolah dimensi kebhinekaan global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...