Penelitian ini bertujuan untuk menggali serta menganalisis berbagai faktor yang berperan dalam membentuk kepercayaan diri mahasiswa saat mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris secara lisan. Dengan pendekatan kualitatif dan memanfaatkan observasi serta wawancara sebagai metode pengumpulan data, studi ini dilaksanakan pada mahasiswa di Politeknik Negeri Lampung. Temuan penelitian mengungkapkan adanya tiga faktor utama yang secara signifikan berkontribusi terhadap tingkat kepercayaan diri mahasiswa, yaitu: (1) dukungan sosial dari dosen dan teman sebaya, (2) kenyamanan lingkungan fisik pembelajaran, dan (3) suasana psikologis kelas. Dukungan yang diberikan oleh dosen dan rekan sekelas menciptakan rasa aman dan motivasi bagi mahasiswa untuk berani berbicara. Lingkungan fisik yang nyaman membantu meningkatkan konsentrasi dan kesiapan belajar, sedangkan suasana psikologis kelas yang positif mampu mengurangi kecemasan dan meningkatkan keberanian dalam berkomunikasi. Temuan ini menunjukkan bahwa pembentukan lingkungan belajar yang mendukung secara sosial, fisik, dan emosional sangat penting dalam menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa dalam menggunakan bahasa Inggris secara lisan.
Copyrights © 2025