Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi Kisah Hijrah Nabi Muhammad SAW menjadi permasalahan di SD Negeri Garot. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan media komik sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Kisah Hijrah Nabi Muhammad SAW di kelas IV SD Negeri Garot Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Garot yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas IVA sebagai kelas kontrol (29 peserta didik) dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen (30 peserta didik), yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 10 soal yang diberikan dalam bentuk pretest dan posttest, data hasil belajar dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil analisis menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Kisah Hijrah Nabi Muhammad SAW di kelas IV SD Negeri Garot Kabupaten Aceh Besar.
Copyrights © 2025