JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Validitas Bahan Ajar Multimedia Interaktif Gelombang Bunyi Terintegrasi Etno-CBR untuk Memfasilitasi Kemampuan Pengetahuan dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Pebriani, Feby (Unknown)
Asrizal, Asrizal (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)
Yumna, Hayyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas bahan ajar multimedia interaktif tentang gelombang bunyi yang terintegrasi dengan pendekatan etnosains dan case-based reasoning (Etno-CBR) dalam mendukung kemampuan pengetahuan dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan menggunakan model Hannafin dan Peck yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi. Uji validitas dilakukan oleh tiga validator ahli dengan menggunakan instrumen penilaian yang terdiri dari enam komponen utama: substansi materi, desain pembelajaran, tampilan komunikasi visual, pemanfaatan perangkat lunak, integrasi Etno-CBR, dan integrasi kemampuan pengetahuan serta keterampilan berpikir kreatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa seluruh komponen memperoleh skor rata-rata 0,92, yang termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi. Komponen desain pembelajaran mendapatkan skor tertinggi, yaitu 0,94, sedangkan komponen substansi materi dan integrasi kemampuan pengetahuan serta berpikir kreatif memperoleh skor terendah, yaitu 0,91. Temuan ini mengindikasikan bahwa bahan ajar multimedia interaktif yang terintegrasi dengan Etno-CBR yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran dan berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan fisika yang kontekstual, inovatif, dan sesuai dengan tuntutan abad 21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...