Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter di tingkat sekolah. Penelitian ini menyoroti urgensi penanaman nilai-nilai luhur yang bersumber dari Pancasila untuk membentuk karakter generasi muda dalam menghadapi degradasi moral dan perubahan perilaku di kalangan siswa. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru dan siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai Pancasila terintegrasi, baik secara eksplisit maupun implisit, ke dalam kegiatan pembelajaran di kelas, praktik keagamaan, interaksi sosial, dan budaya sekolah. Guru memainkan peran sentral dalam proses ini dengan menjadi teladan perilaku dan menciptakan lingkungan belajar yang mempromosikan ketaatan beragama, martabat manusia, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial, sesuai dengan lima sila Pancasila. Namun, tantangan seperti keterbatasan waktu pembelajaran dan ketidakkonsistenan pemahaman di antara para pendidik mengenai pengintegrasian nilai-nilai Pancasila juga teridentifikasi. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai Pancasila berdampak positif terhadap pengembangan karakter siswa, menumbuhkan disiplin, tanggung jawab, empati, dan jati diri bangsa. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya upaya kolaboratif antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk memperkuat pendidikan karakter yang berakar pada Pancasila.
Copyrights © 2025