Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SDN 064034 Medan Johor masih menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, dimana hanya 32% siswa yang mencapai ketuntasan pada nilai pra-tindakan dengan rata-rata nilai 63. Kondisi ini memerlukan penerapan model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 064034 Medan Johor. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai hasil belajar, yaitu rata-rata nilai siswa meningkat dari 63 pada pra-tindakan menjadi 75 pada siklus pertama dan mencapai 86 pada siklus kedua. Selain itu, persentase siswa yang tuntas juga meningkat dari 32% menjadi 100% pada siklus pertama dan kedua. Penerapan model Project Based Learning berhasil meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi belajar, dan kemampuan berpikir kritis, sehingga sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Copyrights © 2025