JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan E-Quiz Berbasis Android untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang di Kelas XI SMAN 1 Gondang Mojokerto

Muharrom, Mohammad Syahrul (Unknown)
Hermawan, Gede Satya (Unknown)
Suartini, Ni Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk E-Quiz yang dapat membantu siswa dalam mengingat kosakata. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) menurut Luther (dalam Binanto, 2010), yang mencakup enam tahapan: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket yang disebarkan kepada ahli materi, ahli media, dan uji coba produk. Produk akhir dari penelitian ini mencakup dua tema pembelajaran, materi yang berisi kosakata baru dan latihan soal. Berdasarkan hasil angket, diperoleh skor 95 dari ahli materi dan 96,5 dari ahli media, keduanya berada dalam kategori sangat sesuai. Uji coba terbatas bersama guru memperoleh skor 99, sedangkan dari peserta didik menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...