Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan siswa dalam menulis teks recount. Peneliti memilih teks recount untuk menganalisis sejauh mana siswa memahami penulisan teks Bahasa Inggris secara tata bahasa dan bermakna. Melalui Teks Recount, siswa diminta untuk mengekspresikan cerita mereka sendiri di masa lalu. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara terhadap 29 mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada semester 1 di STKIP Widyaswara Indonesia. Observasi dilakukan terhadap hasil tulisan siswa Teks Recount yang dibuat sendiri. Wawancara dilakukan di luar jam belajar. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Peneliti menemukan faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan mereka; mereka tidak memahami dengan baik penggunaan tata bahasa yang benar, penguasaan kosakata yang minim, merasa kesulitan dalam menulis teks itu sendiri. Faktor terbesar adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya Bahasa Inggris dan mereka tidak memiliki motivasi yang kuat untuk belajar Bahasa Inggris.
Copyrights © 2025