Model Project-Based Learning (PjBL) adalah pendekatan pembelajaran yang memadukan teori dan praktik, disesuaikan dengan perkembangan kognitif siswa, dan diterapkan melalui penyelesaian proyek berbasis inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh PjBL terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa dalam desain busana. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Intact-Group Comparison, yang melibatkan 15 siswa dalam kelompok kontrol dan 15 siswa dalam kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan penilaian kinerja. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengevaluasi pengaruh PjBL. Validitas instrumen dinilai menggunakan analisis V-Aiken, dengan skor berkisar antara 0,95 hingga 1,00, yang menunjukkan validitas tinggi. Reliabilitas diuji menggunakan metode Percentage of Agreement, yang menunjukkan rentang reliabilitas 90% hingga 100%, yang menegaskan reliabilitas yang kuat. Hasil uji-t menunjukkan nilai 0,333, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik dalam hasil belajar siswa antar kelompok. PjBL berdampak positif terhadap prestasi siswa dalam pendidikan desain.
Copyrights © 2025