Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS). Penelitian ini menggunakan Penelitian dengan Tindakan Kelas . Responden penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedungpedaringan yang terdiri dari 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.Peningkatan nilai rata-rata siswa dikegiatan tes prasiklus yaitu (53,13) sehingga masuk dalam kategori “Kurang”, siswa yang mencapai KKM sebanyak 5 siswa, hasil rata-rata tes siklus I yaitu (57,42) masuk ke dalam kategori “Kurang”, siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan sebanyak 10 siswa, tes siklus II menunjukkan (63,92) masuk ke dalam kategori “Cukup” siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan sebanyak 17 siswa, pada tes siklus III yaitu (66,78) yang juga sudah masuk ke dalam kategori “Cukup”, terdapat kenaikan dalam hasil belajar yang tuntas 22 siswa Yang lebih diutamakan dalam kegiatan pembelajaran adalah proses perubahan yang terjadi pada suasana belajar dan pemahaman terhadap materi siswa di kelas, kerjasama antar siswa dan guru terutama yang menyangkut: sikap, motivasi belajar, dan interaksi siswa di kelas. Selama proses tindakan sampai dengan tiga siklus mengalami perubahan dari segi suasana belajar menjadi semakin aktif, siswa mengurangi tindakan-tindakan tidak disiplin, hasil dari ketiga siklus yang sudah dilaksanakan mengalami peningkatan hal ini siswa bisa melakukan perubahan hasil belajar jika model yang digunakan sesuai.
Copyrights © 2025