Bahasa  daerah  menjadi  upaya  penting  dalam  menjaga  identitas  budaya  lokal  di  tengah  arus  globalisasi.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengeksplorasi  penggunaan  platform  digital  Seesaw  sebagai  media  pembelajaran  interaktif  dalam  mendukung  revitalisasi  Bahasa  Kulisusu  di  tingkat  sekolah  dasar,  serta  mengkaji  pengaruhnya  terhadap  pembentukan  nilai  sosial  emosional  siswa.  Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dan  kualitatif  melalui  metode  action  research.  Sebanyak  45  siswa  kelas  IV-VI  terlibat  sebagai  subjek  penelitian.  Materi  pembelajaran  dikembangkan  dengan  integrasi  Bahasa  Kulisusu  dalam  aktivitas  di  Seesaw  yang  mencakup  rekaman  cerita  rakyat,  lagu  daerah,  dialog  keseharian,  dan  permainan  edukatif.  Data  diperoleh  melalui  observasi,  wawancara,  dan  angket  nilai  sosial  emosional  siswa  berdasarkan  indikator.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  82%  siswa  mengalami  peningkatan  kemampuan  menggunakan  Bahasa  Kulisusu  secara  aktif  dalam  konteks  digital.  Selain  itu,  nilai  sosial  emosional  seperti  empati  (76%),  kerja  sama  (81%),  dan  kesadaran  sosial  (79%)  mengalami  peningkatan  setelah  penggunaan  platform  selama  8  minggu.  Temuan  ini  memperkuat  bahwa  platform  digital  seperti  Seesaw  tidak  hanya  efektif  dalam  pembelajaran  bahasa  daerah,  tetapi  juga  dalam  menanamkan  nilai-nilai  karakter  pada  siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025