Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelayanan publik yang berkualitas sebagai upaya negara dalam memenuhi hak-hak dasar masyarakat. Kinerja pegawai sebagai pelaksana pelayanan publik dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah kemampuan untuk bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden pegawai. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa baik kerjasama tim maupun komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, baik secara parsial maupun simultan. Nilai R square sebesar 0,462 mengindikasikan bahwa kedua variabel independen menjelaskan 46,2% variasi terhadap variabel independen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas kerjasama tim dan komunikasi di lingkungan Ombudsman Republik Indonesia secara nyata mampu mendorong peningkatan kinerja pegawai dalam menjalankan tugas pelayanan publik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025