Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan individu dalam memahami dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bercakap-cakap di TK Pembina Pasar Rantau Panjang Tabir. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari lima pertemuan. Subjek penelitian adalah 41 anak Kelompok B. Data diperoleh melalui observasi perkembangan kecerdasan interpersonal sebelum tindakan, setelah siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kecerdasan interpersonal anak. Sebelum tindakan, rata-rata perkembangan kecerdasan interpersonal sebesar 46,6%. Setelah siklus I meningkat menjadi 51,57% dan pada siklus II meningkat tajam menjadi 80,53%. Hasil ini menunjukkan bahwa metode bercakap-cakap efektif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak. Guru disarankan untuk menerapkan metode ini secara sistematis dan memberikan arahan serta penguatan yang tepat untuk mendorong partisipasi aktif anak dalam kegiatan bercakap-cakap.
Copyrights © 2025