Salah satu karakteristik anak yang mengalami kesulitan emosi adalah memperoleh hasil belajar di bawah kemampuan akademik yang dimilikinya. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seperti kemampuan memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi, mengandalkan dorongan hati dan tida melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar bebas dari stress, tida melumpuhkan kemampuan berpikir, berempati, dan berdoa. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesign) dengan jenis One Grup Pretest- Posttest Desain. Jenis penelitian One Grup Pretest- Posttest Desain yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakukan. Populasi dalam penelitian in adalah seluruh anak di TK Negeri Pembina Muaro Jambi. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Purposive Sample. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Subjek yang diambil sebagai sampel benar-benar merupakan subjek yang paling banyak mengandung ciri-ciri yang terdapat pada populasi, sehingga sampel yang diambil adalah kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi yang bejumlah 17 orang, terdiri dari 9 anak perempuan dan 8 anak laki – laki. Alat analisis yang digunakan adalah analisis paired t test. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan metode hypnoteaching berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi Tahun ajaran 2023/2024 kecerdasan emosional anak lebih berkembang setelah diberikan treatment dengan menggunakan Metode Hypnoteaching. Hal ini bisa dilihat melalui hasil pengujian hipotesis bahwa nilai sig (0,00) < 0,05 maka menunjukkan terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 1,85 yang berada pada rentang tinggi 1,00 dengan interpretasi tinggi (Strong Effect).
Copyrights © 2025