Strategi pengajaran yang efektif sangat dibutuhkan untuk membantu anak usia dini mempertahankan konsentrasi mereka selama proses belajar. Guru memegang peranan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan merancang aktivitas yang mampu menarik minat serta menjaga konsentrasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap konsentrasi belajar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui tekhnik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian bahwa strategi pembelajaran langsung efektif dalam meningkatkan konsentrasi anak usia dini melalui interaksi personal, penggunaan alat peraga konkret, dan keterlibatan aktif anak dalam proses belajar. Guru dapat membantu anak-anak lebih fokus dan terlibat lebih banyak dalam pengalaman belajar dengan menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberikan respons serta penguatan positif secara langsung. Implementasi strategi pembelajaran tidak langsung oleh guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mendukung eksplorasi mandiri, dan meningkatkan kemampuan anak untuk berkonsentrasi. Strategi pembelajaran tidak langsung ini akan memungkinkan anak untuk belajar dengan cara yang alami dan menyenangkan, sekaligus mengembangkan keterampilan kemandirian dan pemecahan masalah.
Copyrights © 2025