Peran manajerial kepala sekolah melibatkan serangkaian tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan pengelolaan dan pengendalian operasional sekolah. Melalui kepemimpinan yang kuat dan manajemen yang efisien, kepala sekolah berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan pengalaman pendidikan yang bermakna bagi semua siswa. Kemampuan manajerial kepala sekolah adalah serangkaian keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk mengelola dan memimpin sekolah secara efektif. Kemampuan ini mencakup berbagai aspek dari perencanaan strategis hingga pelaksanaan operasional sehari-hari, serta pengembangan dan pemberdayaan staf. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah sebagai perencana dan pemimpin di TK ABA 05 Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, melalui tekhnik pengumpulan data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepala sekolah memiliki peran yang sangat vital sebagai perencana dalam pengelolaan lembaga pendidikan, sebagai perencana, kepala sekolah harus mampu merumuskan visi dan misi sekolah, menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta mengembangkan strategi untuk mencapainya. Kepala sekolah memiliki peran yang krusial sebagai pemimpin dalam pengelolaan lembaga pendidikan, sebagai pemimpin, kepala sekolah harus mampu mengarahkan, menginspirasi, dan memotivasi seluruh warga sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan
Copyrights © 2025